Susu Kedelai dan Manfaatnya - Wendy Cahya

Jumat, 16 Oktober 2020

Susu Kedelai dan Manfaatnya

Susu Kedelai dan Manfaatnya  -Hai sobat, kali ini saya coba mencari tahu manfaat susu kedelai untuk kesehatan. Kenapa sih ini hal yang ingin saya bahas diblog ini, karena saya sendiri jadi penasaran ketika dua hari masa kuarantina saya setiap pagi diberi susu kedelai. Ternyata dibalik itu semua ada manfaat yang mungkin banyak dari kalian udah tahu dan bagi kalian yang belum tahu manfaatnya apa mungkin artikel ini bisa menjadi tambahan pengetahuan. Hal ini gak jauh beda dari kebiasaan Ibu di rumah yang selalu membelikan susu kedelai juga setiap pagi, tapi  gak pernah dibahas tuh manfaatnya apa aja. Setelah saya coba ringkas dari berbagai artikel diluar sana, intinya sih susu kedelai mengandung asam lemak omega-3 esensial dan flavonoid yang merupakan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan kardioprotektif. Kandungan susu kedelai ini membuat susu kedelai menjadi minuman sehari-hari yang disarankan untuk dikonsumsi. Nah, ini dia yang bisa dijadikan poin manfaat dari susu kedelai antara lain:

Menurunkan Berat Badan

Susu kedelai kaya akan serat yang memiliki efek besar pada berat badan dan kadar kolesterol baik. Minuman ini dikenal membantu mengatasi obesitas dan tekanan darah tinggi. Menggabungkan susu kedelai dengan diet rendah lemak dan beberapa protein kedelai dapat membantu Anda menyingkirkan obesitas sambil menjaga massa otot yang tetap terjaga.

Jantung Sehat

Kedelai adalah produk yang meningkatkan kadar kolesterol baik dan mencegah penyakit jantung. Susu kedelai meningkatkan kadar lipid plasma pada seseorang dan mengurangi risiko penyakit jantung di kemudian hari. Minuman ini kaya akan vitamin, mineral, lemak tak jenuh yang bersama-sama meningkatkan kesehatan jantung.

Menyembuhkan masalah kulit

Jika Anda sering berhadapan dengan wabah jerawat, beralihlah ke diet kaya kedelai. Produk yang satu ini sendiri cukup baik untuk mengurangi hiperpigmentasi (suatu kondisi penggelapan kulit). Dan tidak hanya itu; sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa senyawa yang ditemukan dalam kedelai memiliki sifat anti-penuaan.



Pertumbuhan rambut lebih baik

Susu kedelai, bila dikombinasikan dengan diet kaya protein dapat berdampak baik pada rambut. Hal ini dapat merangsang pertumbuhan rambut yang lebih baik untuk meningkatkan penampilan.

Tulang yang lebih kuat

usu kedelai kaya akan kalsium. Kandungan kalsium dalam minuman ini meningkatkan kesehatan tulang dengan membuatnya lebih kuat, menjaga strukturnya tetap utuh, sehingga mengurangi risiko patah tulang. Susu kedelai cocok untuk mencegah osteoporosis.

Pemulihan setelah Olahraga

Olahraga membuat tubuh akan kehilangan lemak serta membakar kalori dan pemulihan adalah hal yang harus dilakukan setelahnya. Jadi, jika Anda seorang vegan atau tidak toleran laktosa, susu kedelai bisa menjadi minuman yang sempurna bagi Anda untuk memastikan pemulihan yang lebih baik setelah berolahraga. Riboflavin dalam susu kedelai dapat membantu Anda memulihkan semua energi yang hilang setelah berolahraga.

Anti Depresi

Susu kedelai dapat meningkatkan mood Anda. Susu kedelai mengandung vitamin B6 dan vitamin B kompleks yang bermanfaat dalam meningkatkan mood Anda. Selain itu, susu kedelai kaya akan magnesium yang melepaskan hormon serotonin dalam tubuh Anda yang berfungsi sebagai antidepresan bagi pikiran Anda.

Meningkatkan Kesuburan

Kedelai dapat meningkatkan hasil kesuburan pada wanita yang mencoba untuk hamil atau menjalani perawatan kesuburan.

Dalam sebuah studi di 36 wanita yang tidak memiliki periode dalam enam bulan, mereka yang mengambil 6 gram sehari bubuk kedelai hitam memiliki tingkat ovulasi dan siklus menstruasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kedelai.

Studi lain pada lebih dari 200 wanita yang menerima perawatan fertilisasi in vitro (IVF) menunjukkan bahwa mereka yang menggunakan 1.500 mg fitoestrogen kedelai sehari memiliki tingkat implantasi dan kehamilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kedelai.

Selain itu, asupan kedelai oleh calon ayah tampaknya tidak berdampak negatif pada tingkat kehamilan pada wanita yang menerima IVF.

Manfaat Susu Kedelai
Manfaat Susu Kedelai


Mencegah Kanker

Menurut penelitian, kadar estrogen, yang terkait dengan risiko kanker payudara, dapat dikurangi dengan asupan susu kedelai. Wanita pasca-menopause beresiko sangat tinggi untuk kanker payudara dan dapat mengkonsumsi produk kedelai untuk manfaat kesehatan lain dari penggantian estrogen.

Sebuah studi komprehensif tentang penggunaan produk kedelai telah mempertimbangkan hasil yang ditunjukkan oleh American Cancer Society dan American Institute for Cancer Research, penelitian ini menunjukkan bahwa aman bagi wanita untuk mengonsumsi susu kedelai karena isoflavon dalam berbagai susu ini bekerja sebagai agen anti-kanker.

Menjaga Kesehatan Mata

Susu kedelai juga bermanfaat bagi kesehatan mata. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa isoflavone genistein, yang banyak ditemukan dalam kedelai, melindungi terhadap pembentukan katarak yang diinduksi sinar-X pada tikus. Kesimpulannya, susu kedelai juga baik dikonsumsi manusia untuk menjaga kesehatan matanya.

Memperkuat Integritas Pembuluh Darah

Susu Kedelai mengandung kadar asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam hubungannya dengan antioksidan phyto-antioksidan yang kuat. Senyawa-senyawa ini membantu pembuluh darah Anda agar tidak terkena lesi dan pendarahan dengan menempelkan diri pada lapisan pembuluh darah Anda dan secara efektif mempertahankan lapisan sel-sel Anda dari radikal bebas dan deposit kolesterol.

Dari segudang manfaat diatas, kita harus tetap waspada ya gaes. Kita harus ingat bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, apapun itu sih. Jadi gunakan secukupnya saja dan intinya sih makanan apapun butuh gizi seimbang agar tubuh tetap terjaga. Dan ini beberapa hal yang harus diwaspadai efek negatif dari susu kedelai, misalnya:

  • Menghalangi penyerapan iodine: sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita hipotiroid.
  • Menghambat produksi hormon laki-laki (testosteron): sehingga susu kedelai sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan oleh kaum pria.
  • Mengandung pestisida berbahaya dan organisme yang dimodifikasi secara genetis: namun efek ini bisa diminimalisir dengan hanya mengonsumsi kedelai organik.

Dan ini ada hal menarik buat diri kalian ataupun orang terdekat kalian. Susu kedelai ternyata memiliki cukup banyak manfaat untuk ibu hamil, misalnya sebagai sumber protein bagi ibu hamil, terutama bagi Anda yang menganut pola hidup vegan atau vegetarian. Susu kedelai juga mengandung folat, zat besi, kalsium, zinc, serat, asam omega-3, dan mineral yang berguna bagi kesehatan janin.

Meski demikian, ibu hamil sebaiknya membatasi konsumsi susu kedelai. Pasalnya, susu kedelai juga mengandung phytic acid yang dapat mengikat mineral logam berat, seperti merkuri dan timbal, serta mengurangi kemampuan tubuh mengikat nutrisi penting bagi janin, semisal magnesium dan zat besi.
Untuk takaran susu kedelai yang aman untuk ibu hamil, dokter kandungan menyarankan 1-2 gelas per hari masih termasuk aman.

Sudah dulu ya sob, semoga perjalanan studi lanjut ini menjadi awal untuk saya aktiv kembali mengabadikan perjalanan dan keilmuan yang saya dapatkan agar dapat bermanfaat bagi semua orang. Entah satu atau dua orang yang baca blog ini. Semoga dapat memberikan manfaat kedepannya. Salam Sukses Semangat Wendy Cahya

Referensi:
  1. https://www.merdeka.com/jateng/11-manfaat-susu-kedelai-bagi-kesehatan-bisa-meningkatkan-kesuburan-kln.html?page=12
  2. https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-susu-kedelai-dari-kesuburan-hingga-cegah-kanker

Posting Komentar