Antara Rumah dan Hijrah - Wendy Cahya

Kamis, 01 Maret 2018

Antara Rumah dan Hijrah

Antara Rumah dan Hijrah  -Itulah rumah, tempat paling aman dan nyaman yang pertama kali kita temukan dalam hidup ini. Entah kalian setuju atau tidak itu hak kalian karena bagiku itulah makna rumah yang paling simpel tanpa harus buka google. Kalaupun dimaknai secara umum bahwa Rumah merupakan tempat berkumpul seluruh anggota keluarga dan tempat berbagi pengalaman, ilmu, dan tentu saja tempat berbagi kasih sayang antarkeseluruhan anggota keluarga. Dan pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk menceritakan pada kalian seperti apa keadaan rumahku.

 Rumah Belajar Weka Naila
Rumah Belajar Weka Naila
Rumah Belajar Weka Naila merupakan nama yang diajukan oleh kakak saya dimana rumah sederhana kami menjadi rumah yang digunakan untuk berkumpul anak-anak SD sekitar rumah untuk belajar setiap harinya. Kebetulan kakak berprofesi sebagai Guru SD di salah satu SD Islam Swasta yang tidak jauh dari rumah, jadi dia berusaha untuk menjadikan rumah kami sebagai salah satu tempat yang nyaman untuk belajar secara non-formal siswa SD. Dalam kegiatan belajar tersebut tidak ada standar biaya yang harus dibayar khusus. Rumah kami selalu terbuka bagi mereka yang ingin belajar bersama dengan fasilitas yang apa adanya namun tetap nyaman digunakan untuk belajar. Sekitar 25 siswa selalu bergantian berdatangan setiap harinya entah bagaimana cara kakak ku membagi waktunya untuk berbagi dengan mereka dan kehidupannya. Mungkin itulah passion yang ia miliki dalam proses mendidik generasi. Sekilas itulah gambaran rumahku yang selalu diramaikan oleh anak-anak belajar setiap harinya. Dan mungkin ini beberapa suasana lucu mereka diawal tahun ini dengan kaos baru yang dibagikan sebagai awal pembelajaran semester genap ini.

rumah belajar weka naila Tulungagung
David n The Gangs

rumah belajar weka naila Tulungagung
Nazwa n Friends

rumah belajar weka naila Tulungagung
Squad Belajar Malam Weka Naila
rumah belajar weka naila Tulungagung
Squad Belajar Malam Weka Naila

Hari ini tepatnya 1 Maret 2018, awal saya ingin belajar menulis di blog yang sudah lama tidak terupdate. Entah apa yang membuat saya ingin kembali mengisi waktu untuk blogging. Sejelas-jelasnya saya juga tidak tahu. Sambil dipikir waktu tak kan pernah berhenti jadi lanjutkan saja. Pastinya senyaman apapun rumahmu ada kalanya hidup harus berani berhijrah.

Seperti apa makna hijrah disini coba sambil browsing dapatlah penjelasan sebagai berikut "Kata hijrah berasal dari Bahasa Arab, yang berarti meninggalkan, menjauhkan dari dan berpindah tempat. Dalam konteks sejarah hijrah, hijrah adalah kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw bersama para sahabat beliau dari Mekah ke Madinah, dengan tujuan mempertahankan dan menegakkan risalah Allah, berupa akidah dan syari’at Islam."

Bukan sok agamis atau apapun ya, disini saya hanya ingin memaknai berhijrah memang penting bagi kita untuk meningkatkan potensi yang kita miliki. Memang akan banyak tantangan yang akan kita temukan ketika kita melakukan suatu hal yang baru. Namun dilain sisi kita akan menemukan ilmu baru, teman baru, dan bahkan disini saya merasakan hidup dalam keluarga baru. Nanti akan saya ceritakan lebih lanjut tentang keadaan baru dan sekilas tentang tantangan yang dihadapi. Edisi berikutnya saja, biar kelihatan cerita ini bakal banyak episodenya meski gak begitu penting juga. Namun dengan hal yang gak penting seperti ini membuat imajinasi tak terbatasi entah ia akan berlari kesana kemari tanpa ada batasan yang menghalangi. Selamat berjumpa kembali.

Believe it that everything will be change if you are brave to make a decision in your life.
-diyawan

Posting Komentar