Op-Amp sebagai Diferensiator - Wendy Cahya

Minggu, 29 November 2015

Op-Amp sebagai Diferensiator

Op-Amp sebagai Diferensiator -Hey sobat Wendy Cahya. Pembelajaran kali ini membahas tentang Op-Amp sebagai diferensiator. Kalau berbicara komponen kecil yang satu ini, saya sempat mengulas beberapa pengaplikasian op-amp lainnya seperti op-amp sebagai pengkondisi sinyal, op-amp sebagai penguat instrumentasi, serta op-amp sebagai filter. Kali ini saya akan coba menambahkan materi untuk belajar bersama mengenai op-amp sebagai diferensiator.

Dua kata kunci yang harus kita ketahui. Pertama op-amp itu sendiri dan yang kedua diferensiator. Bagi yang masih baru tahu dan ingin membuka pengetahuan dasar op-amp bisa kembali ke postingan saya pengertian op-amp. Sedangkan definisi diferensiator disini adalah rangkaian yang melakukan operasi secara matematik, dan menghasilkan tegangan keluar yang sebanding dengan kemiringan tegangan masuknya. Umumnya deferensiator digunakan untuk mendeteksi tepi mendahului dan tepi ketinggalan dan sebuah pulsa persegi atau menghasilkan keluaran opersegi dan masukan lereng. Jangan bingung dulu mengartikan teorinya. Lebih mudahnya bisa belajar dari gambar berikut.

op amp sebagai diferensial
Rangkaian Op Amp sebagai Penguat Diferensiator
Dan gambar berikut bisa mempermudah kita untuk mengetahui perubahan sinyal yang dihasilkan dari rangkaian diferensiator. 
SInyal Op Amp sebagai Penguat Diferensial
Sinyal Op Amp sebagai Penguat Diferensitor

Berikut merupakan ulasan singkat mengenai op amp sebagai penguat diferensiator. Semoga dapat menambah dasar belajar elektronika. Sebenarnya analisisnya bisa lebih rumit dengan rumus-rumus yang penuh dengan cacing-cacing integral. Tapi sobat tidak usah kawatir, elektronika itu menyenangkan. Jadi jangan berhenti untuk terus belajar dan menambah pengetahuan kita. Apabila ingin diskusi lebih lanjut bolehlah. Salam sukses Wendy Cahya


Posting Komentar